Wisata Pulau Pramuka

Pulau Pramuka
Pulau Pramuka kelihatan beda dari sekian pulau lainnya yg masuk di dalam gugusan Pulau Seribu. Jalanan beraspal, kantor-kantor pemerintahan, rumah sakit dan bangunan sekolah sejak fase TK sampai SMA bisa didapatkan dengan enteng di situ. Sekelebat, Pulau Pramuka kelihatan kian menyerupai semacam area pusat pemerintahan dibanding kawasan wisata.

Perasaan tersebut sedikit pun ngak salah, karena Pulau Pramuka memang ditunjuk semacam sentral pemerintahan di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu sedari tahun 2002 silam. Gedung pemerintahan yg dibangun di Pulau Pramuka menangani 18.000 orng yang tersiar di berbagai pulau gugusan berpenduduk, yakni Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Sebira. Blm lg beberapa pulau lainnya yg khusus diperuntukan sebagai lokasi resort.

Kehidupan warga di Pulau Pramuka benar-benar kian repot. Namun, hal tersebut sama sekali enggak berpengaruh pd kemolekan nuansa tamasya bahari yng, dipunyainya. Bahkan, fasilitas infrastruktur menyulap Pulau Pramuka kian disukai pewisata. Nama Pramuka itu bukanlah identitas asli pulau yg termasuk di Kelurahan Pulau Panggang tersebut. Kabarnya mulanya Pulau Pramuka dinamakan Pulau Elang.

Berdasarkan riwayat penduduk setempat, nama Pulau Elang melekat lantaran dulunya daerah itu sering menjadi lingkungan burung elang. Melekatnya nama Pulau Pramuka disebabkan seringnya agenda pramuka diadakan di dalamnya. Untuk menyeberang ke Pulau Pramuka, kamu boleh menyebrang dari Pelabuhan Muara Angke di Jakarta Utara. Perjalanan memakan waktu kira kira 3,5 jam memakai kapal penumpang.

Aneka Spot Berlibur di Pulau Pramuka

Pulau Air

Salahsatu spot andalan yang mesti dikunjungi sewaktu berkunjung ke Pulau Pramuka yaitu Pulau Air. Traveler yg telah berkunjung ke Pulau Air nampaknya sependapat bilamana Pulau Air menawarkan keindahan terbaik di antara daerah lain. Berkeliling Pulau Air mempergunakan perahu akan memberi sensasi istimewa. Kapal yang kita tumpangi seperti membelah dua pulau. Pada bagian kiri serta kanan melimpah pohon rindang yg menjadikan perasaan berasa damai & segar.

Ngak sekedar tampilan di atas permukaan laut, keindahan bawah lautnya jg berkualitas tinggi. Taman laut yg diperindah aneka karang menyebabkan kamu seolah hadir di atas aquarium gede. Ikan-ikan hias imut pun kerap diamati cuma dengan mata telanjang. Segalanya nampak cantik serta menjadikan pengalaman rekreasi kamu sulit dilupakan.

Pemeliharaan Ikan Hiu Nusa Keramba

Penangkaran ikan hiu di Nusa Keramba termasuk sebuah spot tamasya yg paling digemari. Tapi jangan harap mampu berjumpa hiu ganas dengan gigi tajam, penangkaran itu cuma menyimpan hiu kecil. Setelah sudah besar, ikan hiu itu bakal dibebaskan ke alam sebetulnya di lautan lepas,

Penangkaran Penyu

Disamping hiu, Pulau Pramuka jua membangun konservasi penyu. Di sana kita bakal menemukan dua buah ruang semi terbuka yng, menyimpan berbagai tempat yang bermuatan penyu sisik. Konservasi hewan yg dilindungi itu sudah bekerja semenjak th 1982. Penyu sisik pernah diputuskan Organisasi Internasional tuk Konservasi Sumber Daya Alam semacam hewan yang terancam punah.

Menggoes sepeda ria Mengitari Pulau Pramuka

Kemolekan alam di Pulau Pramuka sangat rugi untk dilewatkan. Nah, tuk melengkapi hal ini, penduduk ditempat itu pun menyiapkan rental sepeda. Berkeliling setiap rinci Pulau Pramuka sembari naik sepeda tambah super mengasikan. Sambil bersepeda kalian jg bisa menengok dari dekat aktivitas penduduk Pulau Pramuka. Tuk dapat mengayuh sepeda, wisatawan mesti mengeluarkan uang sekitar Rp 20.000-Rp 65.000. Jumlah tersebut tak berarti apa apa dibanding kesegaran yang didapat sehabis bersepeda.

Camping di Pulau Pramuka

Relevan terhadap sejarah namanya, Pulau Pramuka sudah rutin dibuat semacam destinasi tuk kemping para peserta pramuka. Nah, ritual tersebut sepertinya berlanjut para pewisata pendatang untuk melaksanakan aktivitas camping di Pulau Pramuka. Yang paling berarti, tema kemping pastinya turut memperkecil tarif wisata dari pada mesti menginap di akomodasi yng, berserakan di Pulau Pramuka.

Snorkeling di Pulau Pramuka

Merasakan pariwisata bahari pastinya tdk sempurna tanpa menjumpai secara dekat keindahan alam dasar laut yang amat mempesona. Tuk mengetahuinya, snorkeling ialah suatu Alat yg boleh kita jalankan di Pulau Pramuka. Dengan snorkeling, anda mampu menyelami atas laut juga menikmati pemandangan terumbu karang jg hewan laut lainnya.

Nyaris setiap pewisata memiliki tujuan primer dalam bersnorkeling di Pulau Pramuka. Snorkeling gak perlu skill spesial. Malah, traveler yang tidak dapat berenang jua bisa mengikuti snorkeling sepanjang punya perlengkapan yng, sempurna. Perlengkapan yang terpakai dalam aktivitas ini diantaranya, alat bantu napas yang berbentuk huruf J, rata-rata dibilang dengan snorkel, kaki katak ataupun fins dan life jacket.

Panduan Snorkeling di Pulau Pramuka

Walau cenderung aman buat amatir, snorkeling di Pulau Pramuka juga mesti melihat beberapa hal, terutama tuk perkara keamanan diri. Di bawah tips yg dapat dijalankan kala snorkeling.

Snorkeling berkelompok

Menjelajah dunia dasar laut sendirian amat ngak dianjurkan. Adanya teman disebelah kalian akan memudahkan kamu dalam meminta bantuan apabila muncul sesuatu, umpamanya kram ketika menyelam maupun melihat dengan jenis yang membahayakan. Jadi, jangan jauh jauh dari sahabat-sahabat selagi bersnorkeling

Cek peralatan

Diusahakan perlengkapan yg dikenakan cocok untuk badan kamu. Hal ini buat mengurangi agar gak gampang dimasuki air. Pastikan jua masker & alat bantu napas gak berlubang.

Pakailah masker dgn baik Jgn sampai terdapat sesuatu benda semacam rambut di masker, itu pasti lumayan merusak view ketika snorkeling. Yakinkan masker terpasang rapat dan vakum, begitu pula untuk pemasangan tali, jangan telampau kendur, jgn jua terlampau keras. Dalam mengantisipasi embun pada kaca masker, cukup mengoleskan sabun bayi maupun pasta gigi pd kaca.

Latihan Pernafasan

Sebelum diving, usahakan berlatih napas memakai snorkel (alat bantu napas)

Bersikap tenang

Sikap tenang akan memudahkan kalian dlm bersnorkeling. Naikan kaki dengan cara pelan-pelan, buat keadaan tubuh menelungkup di atas permukaan air, buka tangan and kaki melebar biar kamu mengapung.

Mencuci masker dan snorkel

Ada kemungkinan kamu dihadapkan dengan kondisi di mana masker dan snorkel kemasukan air. Tetapi jgn takut. Kerjakan clearing dengan metode menghisap nafas lama melalui mulut, kemudian tiup kuat-kuat melewati hidung, membuat udara campur air pd masker dapat pergi.

Waspada

Kewaspadaan tetep harus dipelihara. Cermati suasana sekeliling misalnya perubahan arus laut, udara

Jaga kelestarian

Enaknya bersnorkeling jgn sampe membuat kalian bernafsu untuk menangkap hewan yng ada. Tetaplah jaga kelestarian ekosistem laut.

Dengan segala sarana yg dibangun, amat layak Pulau Pramuka untuk dimasukan pada list spot wisata yg bakal anda kunjungi dengan keluarga. Info lengkapnya baca di situs ini

Kunjungi situs pulautidungpaket.com bila anda pingin rekreasi ke Pulau Tidung
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar